Kamis, 11 November 2010

tugas 6 pengantar bisnis

1. Jelaskan dengan singkat, ada berapa sifat produksi yg anda ketahui ? (max 4)
Jawab: 
  • Barang yang bersifat kotemporerSifat barang yang kotemporer dipengaruhi trend dan kegemaran konsumen, barang semacam ini akan memberi manfaat ekonomis terhadap penjual jika selalu mengikuti perkembangan trend yang terjadi di masyarakat, dan manfaat yang diberikan barang kepada konsumen rasa percaya diri, karena mengikuti trend lingkungannya.
  • Barang yang bersifat Adjustable: adalah barang yang menyesuaikan dengan mengikuti perubahan iklim, dan barang semacam ini akan dirasakan manfaatnya jika terjadi perubahan musim,seperti musim penghujan dan kemarau.
  • Barang yang bersifat luxirius: barang yang sifatnya mewah dan konsumennya dari golongan tertentu dan toko biasanya menyediakan ruang khusus dengan maksud untuk mempertahankan karakteristiknya.
  •  Barang yang bersifat Prestisiusbarang yang memberikan kedudukan tersendiri dalam kehidupan sosial seseorang dan biasanya ditata dan dikelompokan secara eklusif di dalam toko.

2. Jelaskan secara singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi ?
Jawab:
secara umum produksi adalah suatu proses atau siklus kegiatan-kegiatan ekonomi untuk menghasikan barang atau jasa tertentu dengan memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam waktu tertentu.
secara ekonomi produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

3. Dalam bidang prodiksi mempunyai 5 tanggung jawab keputusan utama sebutkan dan jelaskan!
Jawab: 
 • PROSES Dalam kategori ini mementukan proses fisik atau fasilitas yang digunakan untuk memproduksikan produk berupa barang atau jasa. Keputusan mencakup jenis peralatan dan teknologi, arus dari proses, tata letak (lay-out) dari peralatan dan seluruh aspek dari fisik pabrik atau fasilitas jasa pelayanan. Dalam penetapan keputusan tentang proses ini, perlu dipilih apakah perusahaan memilih proses lini atau proses intermiten ataupu proyek. Di samping itu juga harus diputuskan tentang pemilihan membuat sendiri atau membeli. Dalam pemelihan mesin harus diputuskan tentang penggunaan mesin-mesin khusus atau mesin-mesin yang bersifat umum. Dan terakhir menetapkan keputusan tentang tata letak yang dipilih.
•KAPASITAS Keputusan kapasitas dimaksud untuk memberikan besarnya jumlah kapasitas yang tepat dan penyedia pada waktu yang tepat. Perencanaan kapsitas tidaklah hanya menentukan besarnya peralatan atau fasilitas, tetapi juga kebutuhan yang sebenarnya dari tenaga kerja dalam produksi dan operasi. Tingkat kebutuhan akan tenaga kerja ditentukan agar dapat dipenuhinya kebutuhan permintaan pasar akan produk yang dihasilkan serta keinginan untuk dapat memelihara kestabilan jumlah tenaga kerja.
• PERSEDIAAN Membuat keputusan-keputusan dalam bidang produksi dan operasi, mengenai apa yang dipesan, berapa banyak pesanannya dan kapan pesanan dilakukan. Para manajer itu mengelola system logistic dari pembelian akan bahan baku, barang dalam proses dan persediaan barang jadi.
• TENAGA KERJA Keputusan yang menyangkut tenaga kerja menyangkut seleksi, penggajian, pelatihan, penempatan dan penyeliaan atau suvervisi. Keputusan-keputusan yang harus diambil dalam hubungannya dengan tenaga kerja antara lain memilih apakah menekankan pada perancangan tugas-tugas yang membutuhkan tenaga-tenaga spesialis atau keterampilan bersifat umum. Selain itu perlu diambil keputusan mengenai balas jasa apakah dengan system pembayaran upah harian atau dengan system insentif.
• KUALITAS Keputusan dalam kualitas harus dapat menjamin bahwa mutu tetap dijaga dan dibangun pada seluruh tingkat produksi dan operasi, dengan cara standar harus dibuat, p[eralatan harus dirancang dan dibangun, orang-orangnya harus terlatih dan produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan harus diperiksa dan diinspeksi kualitasnya


sumber:  http://adamramani.blogdetik.com/2010/03/28/manajeman-operasioal/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar