Jumat, 19 November 2010

7 Cara Kelola Kesal


Gagal target tak tercapai, dipersalahakan oleh orang lain, tentu kesal. Padahal anda sudah  bekerja dengan baik. Kesel?Tentu tapi tak usah sampai berlarut-larut. Setidaknya ada 7 cara menggunakan kekealan sehingga memberi dorongan positif.

Pertama Rasakan apa yang anda rasakan (feel your feling). Terkadang kita tidak menyadari saat kesel atau kecewa, ada gejolak didalam batin Anda. Rasakanlah, sadarilah apa yang terjadi dalam diri anda sebagai upaya mendektesi penyebabnya, bagaimana ia berproses dan apa hikmah kejadian itu.

Kedua Gunakan hak pilih (be proactive, not reactive). Merasakan gejolak hati karena kesal, bukan akhir ikhtiar, itu buru kunci pembuka pintu utama, bukan pula tujuan. Sasaran penting sikap pertama tadi,sadari bahwa anda diberi pilihan untuk digunakan. Benar dalam kejadian , kekesalan dan derita bukan akibat ulah kita tetapi karena orang lain atau keadaan. 

Ketiga fokus pada solusi dan prestasi. Fokuslah pada apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki diri atau keadaan yang sudah nyata-nyata memperburuk kondisi kita.

Keempat kontrollah stres dalam batin. Pada situasi tertentu, kita perlu memfokuskan pikiran hanya untuk hari ini. Kekesalan beberapa saat lalu, masuk dalam dokumen msa lalu kita. Mengingat yang sudah terjadi hanya membebani pikiran kita dan menghambat kemajuan.

Kelima temukan inspirasi dari orang lain. Dalam kondisi tertentu, perlu orang yang mencerahkan pikiran kita. Orang lain mungkin tidak bisa menyelesaikan masalah kekesalan kita, dia juga tidak bisa merubah diri kita. Namun begitu, kita perlu orang lain yang membuat kita yakini kemampuan yang kita miliki. Kehadiran orang lain yang tepat, membantu memudahkan skema kehidupan.

Keenam temukan inspirasi dari buku-buku. Ini cara murah yang ditemukan. Buku, kitab suci, bacaan apa saja bahkan menonton flim inspiratif yang berpontensi merangsang pikiran positif agar kita bisa memperbaruhi muatanpikiran sebagai bahan pertimbangan menyusun agenda pikiran kita. Langka ini memang tidak memberi hasil material seketika, tetapi membaca bisa memperbaharui dan merehab difinisi, opini dan kesimpulan kita tentang diri kita. Membaca bisa menajamkan pandangan, sekaligus menemukan dorongan untuk maju.

Ketujuh lakukan hubungan kedalam, Nabi berpesan tunaikanlah sholat wajib yang lima. Kandungannya dimaknai sebagai upaya menjalin hubungan, yakni hubungan diri kita yang berfaedah mempertajam intuisi. Bahkan Stephen Covevy mengatakan, menjalin hubungan diri sendiri (self talk, self dialogue) akan menunjukkan kita pada keunggulan yang kita miliki.

Inilah 7 cara menghadapi kecamuk kesel. Jadi, kesel boleh saja tetapi cobalah dengan beberapa cara ini. Mudah-mudahan hari-hari anda cerah dan mencerahkan.

Sumber: Khalifah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar