Sabtu, 03 November 2012

Tugas Bahasa Indonesia 2

Bahasa Indonesia 2
Tugas 2
Salah satu bentuk esei kritik ialah tinjauan buku. Kalian harus menemukan buku penunjang dalam bidang Akuntansi (buku populer). Untuk tugas ini, kalian harus membedakan antara tujuan tinjauan dan tujuan buku tersebut. Jadi tugas kalian ada 2, yaitu apa tujuan kalian melakukan tinjauan buku X dan apa tujuan penulis menyusun buku tersebut.
Buku               : Pelaporan Keuangan Sesuai Dengan Prinsip Akuntansi
Penulis             : Michell Suharli
Penerbit           : Grasindo

1.      Jelaskan apa tujuan esei kritik tinjauan buku tersebut!
Untuk menambah daya tarik buku dan memberikan gambaran tentang isi buku melalui kritik dari para praktisi bisnis. Sehingga para pembaca berminat untuk membaca buku tersebut. Selain itu dapat membuat penulis menjadi lebih inspiratif untuk membuat buku edisi selanjutnya.
 
2.      Apa tujuan penulis buku tersebut?
Tujuan  penulis ialah untuk menguraikan langkah demi langkah penyusunan laporan keuangan dengan prinsip akuntansi dimana materi buku dilengkapi dengan konsep akuntansi dan contoh-contoh praktik yang ditemui oleh para praktisi bisnis sehari-hari.

Rangkuman
Akuntansi memiliki manfaat dan pengguna. Kegunaan akuntansi dapat bersifat informasi bisnis, dasar penggambilan keputasan, dan untuk pertanggungjawaban. Pengguna berasal dari pihak internal dan eksternal. Laporan keuangan lengkap terdiri dari 4 laporan ditambah dengan catatan atas laporan keuangan. Laporan  laba atas rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan neraca,  laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.
Jurnal (journal) adalah catatan harian transaksi atau perisitiwa finansial suatu entitas (an etity) berdasarkan urutan waktu (chronological) ,yang isinya adalah: tanggal terjadinya, perkiraan (dan nomor perkiraan) tertentu yang dikelompokkan dalam debet dan kredit, nilai transaksi atau peristiwa dalam satuan moneter tertentu. Teknik penjurnalan meliputi tiga tahapan, yaitu (1) Tentukan perkiraan-perkiraan apa saja yang terkait transaksi tersebut, (2) Tentukan perkiraan-perkiraan tersebut bertambah atau berkurang, dan (3) Tentukan debet/kredit masing-masing perkiraan sesuai dengan mekanisme debet-kredit saldo normal, dan masukkan nilai masing-masing perkiraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar