Rabu, 06 Oktober 2010

tugas 2 pengantar bisnis

1. Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi?
jawab:
- Keinginan manusia : keinginan manusia dapat digolongkan menjadi 2 yaitu keingnan pokok dan keinginan tambahan.keinginan pokok ditunjukkan untuk memenuhi kebutuhan sekunder.misalnya pakaian dan perumahan.keinginan tambahan ditentukan oleh berbagai faktor seperti kebudayaan, tempat, status seseorang dan masyarakat, selara umur, jenis kelamin, pendidikan, adat istiadat dan lain-lain.
- Sumber - sumber daya ( faktor-faktor produksi ):cepat/lambatnya tingkat kepuasan keinginan manusia itu dapat dipenuhi tergantung pada jumlah dan mutu sumber-sumber daya yang dapat digunakan .sumber-sumber daya (faktor-faktor produksi) diartikan sebagai sumber-sumber yang mampu menghasilkan barang-barang dan jasa untuk memuaskan keinginan.
- Cara berproduksi : persoalan-persoalan barang-barang dan jasa-jasa apa yang harus diproduksi dan cara-cara mana yang harus digunakan untuk memproduksi barang-barang dan jasa-jasa tersebut sehingga mencapai pembiayaan yang minimal.


2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial?jelaskan?
jawab: 
-Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktorfaktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.
-Lembaga social merupakan pranata sosial merupakan sistem tata kelakukan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.


3. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tempat dan letak perusahaan?
Jawab:
- Faktor yang mempengaruhi letak perusahaan ketersediaan bahan mentah, ketersediaan tenaga air. Ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, transportasi, kedekatan pasar, kesesuaian iklim.
- Faktor yang mempengaruhi tempat perusahaan tempat yang strategis untuk berhubungan dengan client perusahaan mereka.


4. Tunjukan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro & makro dalam dunia usaha! Jelaskan dgn contoh!
Jawab:
-          Lingkungan Eksternal Makro adalah keseluruhan aspek besar di luar organisasi yang menciptakan keseluruhan kondisi lingkungan.contohnya lingkungan budaya, lingkungan ekonomi, lingkungan hukum dan politik, lingkungan keadaan alam, teknologi, lingkungan hubungan internasional.
-          Lingkungan Eksternal Mikro Adalah hal-hal yang secara langsung mempengaruhi organisasi dari luar.contohnya pemasuk BB, distributor, konsumen, dan pesaing.



sumber : http://www.google.com/
              http://www.books.googleco.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar